Kerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Magelang dan ASMINDO KOMDA DIY

Yogyakarta – Jumat (01/12) Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Magelang dan ASMINDO (Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia) KOMDA DIY bertempat di Gedung TILC (Teaching Industry Learning Center) Sekolah Vokasi UGM.  Peresmian kerja sama dengan penandatanganan MoU ini dilakukan oleh Prof. Dr.-Ing. Ir. Agus Maryono, IPM., ASEAN Eng, selaku Dekan Sekolah Vokasi UGM, Bapak Makhmud Yunus, AP., M.H selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Magelang dan Bapak  Sapto Daryono selaku Ketua ASMINDO DIY. Acara ini juga dihadiri oleh Dr. Endang Soelistiyowati, M.Pd selaku Wakil Dekan Bidang Kerja Sama dan Alumni Sekolah Vokasi UGM, Ir. Prasetyo Nugroho, S.Hut., M.Sc., Ph.D., IPM., selaku Ketua Program Studi Sarjana Terapan Pengelolaan Hutan Sekolah Vokasi beserta beberapa perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Magelang dan ASMINDO.

Bersama Dinas Lingkungan Hidup Kota Magelang, Sekolah Vokasi UGM menyepakati kerja sama di Bidang Pendidikan, Penelitian, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di kawasan Kebun Raya Gunung Tidar. Sedangkan dengan ASMINDO, Sekolah Vokasi UGM menyepakati kerja sama di Bidang Pendidikan, Penelitian, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Pengabdian kepada Masyarakat, Bidang Pengembangan Usaha Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Agenda dibuka dengan sambutan oleh Ir. Prasetyo Nugroho yang menyampaikan bahwa melalui kemitraan dengan ASMINDO mahasiswa dapat belajar dalam pengolahan hasil hutan untuk industri kreatif. Harapannya melalui kerjasama ini mahasiswa dapat terjun langsung dalam upaya pengelolaan hutan khususnya di wilayah Kebun Raya Gunung Tidar seperti pengelolaan potensi yang ada seperti potensi wisata ataupun pemanfaatan sumber daya. “Kerja sama ini untuk menunjang misi kami dalam meluluskan SDM yang kompeten dalam pengelolaan hutan,” tegas beliau. 

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan oleh Prof. Agus Maryono. Beliau menyampaikan bahwa kerjasama ini sangat bagus dilaksanakan, terlebih di Sekolah Vokasi yang mengharuskan mahasiswa bekerja di lapangan, dosen juga terbuka dengan adanya kerja sama. Beliau berharap dengan adanya kerjasama ini dapat meningkatkan kinerja khususnya di wilayah Gunung Tidar. Sebagai salah satu lembaga Perguruan Tinggi Vokasi, Sekolah Vokasi juga diharapkan dapat menyelesaikan masalah-masalah yang ada di masyarakat dan mendorong lahirnya inovasi yang bermanfaat.

Dalam sambutannya, Bapak Makhmud Yunus juga menyampaikan bahwa masih banyak yang perlu dibenahi di wisata Gunung Tidar, meskipun demikian ada potensi wisata religi hingga keilmuan keanekaragaman hayati, harapannya dalam kerja sama dengan Sekolah Vokasi, akan diperoleh bantuan pengembangan lebih lanjut agar dapat meningkatkan kemanfaatan di Gunung Tidar. 

Kerja sama ini tentunya akan menjadi agenda yang bagus yang akan memberikan dampak positif baik untuk pihak Sekolah Vokasi UGM maupun bagi pihak ASMINDO dan Pemerintah Kota Magelang dan masyarakat di sekitarnya. Selanjutnya diharapkan kerja sama ini dapat berjalan lancar dan program-program tersebut dapat segera terealisasi.

Penulis: Novita Widhi Astuti

Editor: Humas SV UGM

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*