Sekolah Vokasi UGM Sambut Kedatangan Tiga Mahasiswa NUAA China

Ikon SDGs 4 Pendidikan BermutuIkon SDGs 17 Kemitraan untuk mencapai tujuanSekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM) menyelenggarakan pertukaran mahasiswa dengan Nanjing University of Aeronautics and Astronautics (NUAA), China dalam program “Recent Trends on Biomedical and Industrial Research”. Sebanyak  tiga mahasiswa program master NUAA  menjadi partisipan program yang berlangsung di Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada mulai dari tanggal 17 Januari hingga 18 Februari 2024.

Pada hari Senin (23/1), Sekolah Vokasi UGM resmi menyambut kedatangan tiga mahasiswa NUAA tersebut melalui welcoming session yang bertempat di ruang 201 gedung TILC SV UGM. Acara dimulai dengan sambutan sekaligus pemaparan gambaran umum program dari salah satu dosen SV UGM sekaligus Person in Charge (PIC) Program, yaitu Dr. Eng. Yosephus Ardean Kurnianto Prayitno, St.T., M.Eng. yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Dr. Endang Soelistyowati, S.Pd., M.Pd. selaku Wakil Dekan Bidang Kerja Sama dan Alumni SV UGM.

“Mahasiswa-mahasiswa ini sangat luar biasa inovatif karena mampu membuat hal-hal bermanfaat bagi komunitas dan masyarakat sesuai dengan bidang keahlian masing-masing.”, ujar Dr. Endang Soelistyowati, S.Pd., M.Pd. dalam sambutannya yang mengapresiasi prestasi mahasiswa partisipan program maupun mahasiswa perguruan tinggi pada umumnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan perkenalan dari tiga mahasiswa NUAA, yaitu Liang Jinming, Peng Junwen, dan Zou Bin. Selain memperkenalkan diri masing-masing, ketiga mahasiswa tersebut juga turut menampilkan video profil kota Nanjing tempat mereka menempuh studi di China. Selain partisipan program, acara juga menghadirkan beberapa mahasiswa UGM yang menjadi student buddies bagi partisipan selama program berlangsung. Adapun student buddies tersebut terdiri dari tiga mahasiswa D4 Departemen Teknik Mesin SV UGM, yakni Dzaki Endaputra, Airlangga Nanda Suprapto, dan Aidzin Iqbal Rohim, serta dua mahasiswa S2 Departemen Teknik Mesin dan Industri Fakultas Teknik UGM yang bernama Nico Ndaru Pratama dan Wahyu Hayatullah.

Adapun rangkaian acara program pertukaran mahasiswa ini meliputi campus orientation, welcoming ceremony, research activity, cultural events, dan farewell ceremony. Penyelenggaraan program ini diharapkan dapat meningkatkan hubungan Sister University antara UGM Indonesia dan NUAA China, terutama dalam Student Mobility In-bound ke UGM. Selain itu, mahasiswa UGM yang terlibat juga didorong untuk meningkatkan kemampuannya dalam melaksanakan penelitian dan menjalin hubungan internasional.


Penulis: Nadiva Rizkita Agustina
Editor: Humas SV UGM

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*