Kerjasama dengan Balai Budaya Minomartani dan Sanggar Seni Kinanti Sekar, Kembangkan Potensi Seni-Budaya Mahasiswa

Dalam rangka meningkatkan potensi seni dan budaya mahasiswa, Sekolah Vokasi melalui Departemen Bahasa, Seni, dan Manajemen Budaya (DBSMB) dalam hal ini Program Studi Bahasa Inggris melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) dengan Perkumpulan Balai Budaya Minomartani dan Sanggar Seni Kinanti Sekar, Senin (7/1). Penandatanganan kerjasama ini dilaksanakan di Ruang Sidang SV 138 dan dilaksanakan langsung oleh Dekan Sekolah Vokasi, Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D. dan Ketua Pengurus Perkumpulan Balai Budaya Minomartani, Sri Kuncoro serta Ketua Sanggar Seni Kinanti Sekar, Bagas Arga Santosa, S.Sn.

“Jika kita menyadari, berkembangnya K-Pop itu adalah wujud kesuksesan masyarakat Korea mengelola dan nguri-uri budaya mereka sedemikian rupa sehingga bisa dijual dan laku dibeli oleh bangsa lain,” tutur Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D. dalam sambutannya.

“Ke depan, kita perlu mengemas seni-budaya kita dengan perpaduan teknologi. Ini yang menjadi salah satu konsern Sekolah Vokasi UGM. Kaitannya dengan itu, setelah merilis Film Tengkorak dengan penonton 40 ribu se-Indonesia, dalam waktu dekat kita akan merilis film kedua kita yang berjudul Gadjah Mada,” lanjut Dekan dalam sambutannya. Dekan juga menyampaikan menyambut baik kerjasama ini terlebih sebelumnya sudah dilakukan kegiatan-kegiatan akademik dalam rangka memfasilitasi belajar mahasiswa Sekolah Vokasi.

Sri Kuncoro, Ketua Pengurus Perkumpulan Balai Budaya Minomartani, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Sekolah Vokasi yang telah menyambut rombongan yang terdiri dari Penasehat, Bendahara, Bagian Program dan Bagian Humas-Sosial Media dengan baik. “Sejauh ini kami telah banyak dibantu oleh Mahasiswa dan Dosen Bahasa Inggris tertutama untuk program spontaneous translation saat pertunjukan wayang di Balai Budaya Minomartani. Semoga program lain bisa dikerjasamakan bersama,” tuturnya.

Bagas Arga Santosa, Ketua Sanggar Seni Kinanti Sekar menyampaikan rasa bahagianya bisa bekerjasama dengan Program Studi Bahasa Inggris. Ia mengatakan bahwa jalinan kerjasama dengan sanggar yang diketuainya sudah dimulai sejak 2014. Beberapa program yang pernah dikerjasamakan adalah mentoring kepada mahasiswa untuk terjun langsung ke lapangan dalam mengelola sebuah acara (event management). “Salah satu acara yang pernah diikuti oleh mahasiswa Bahasa Inggris sebagai panitia adalah lomba lukis sister city DIY-Kyoto,” tutur Bagas.

Selain Dekan, Ketua dan Anggota Perkumpulan Balai Budaya Minomartani dan Sanggar Seni Kinanti Sekar, penandatanganan kerjasama ini dihadiri pula oleh Wakil Dekan Bidang Kerjasama, Manajer Unit Kerjasama DBSMB, Ketua Program Studi Bahasa Inggris, dan segenap dosen program studi Bahasa Inggris.

Foto: Humas SV

Text: Humas DBSMB

Sumber : http://dbsmb.sv.ugm.ac.id