MoU SV UGM dengan Yayasan Indonesia Rumah Kebinekaan (YIRK) sekaligus Launching Ensiklopedia Digital “jogjapedia.org”

Yogyakarta (7/1) – Dekan Sekolah Vokasi UGM, Bapak Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D., telah menandatangani MoU kerja sama dengan Yayasan Indonesia Rumah Kebinekaan di bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat serta menghadiri launching Ensiklopedia Digital “jogjapedia.org”.

Yayasan Indonesia Rumah Kebinekaan (YIRK) berperan sebagai inisiator dan penggagas awal dari jogjapedia.org. sampai pada peluncurannya (11 Januari 2019), sudah ada beberapa lembaga yang ikut mendukung/ berkolaborasi antara lain Koperasi Jasa Seniman dan Budayawan Yogyakarta (Koseta) dan Sekolah Vokasi UGM.

jogjapedia.org adalah platform literasi digital dengan konten positif untuk melawan bermacam-macam penyimpangan dan penyalahgunaan (hoax, hate speech, cyber bullying, cyber radicalism, dll). Selain itu, pengembangan ensiklopedia digital “jogjapedia.org” memiliki latar belakang sebagai kebutuhan akan sinergi dan kolaborasi dalam pemerintahan dan masyarakat yang berbasis budaya digital. Tidak hanya itu, jogjapedia.org memiliki fungsi khusus dalam hal seperti edukasi, literasi, sinergi, kohesi, dan promosi. Selain di bidang pariwisata wilayah Jogja, jogjapedia.org juga memberikan kesempatan bagi pelajar/mahasiswa sebagai sarana pembelajaran berbasis digital berupa kegiatan e-learning.

Kerja sama yang dijalin antara Sekolah Vokasi UGM dengan YIRK antara lain berupa publikasi dan promosi penelitian, validasi data, dll. Validasi tersebut bekerjasama dengan dosen dari SV UGM. Sehingga arahannya bagi siapapun baik dosen/mahasiswa bisa sebagai referensi dalam melakukan penelitian, terutama yang membawa konsep pariwisata ataupun bidang lain yang berhubungan dengan Yogyakarta.