OIA SV UGM “OPEN HOUSE”: Virtual Exchange Program-Asia University

Yogyakarta (13/1) — Kantor Urusan Internasional Sekolah Vokasi UGM (KUI SV UGM) atau juga dikenal dengan sebutan Office of International Affairs Sekolah Vokasi UGM (OIA SV UGM) menyelenggarakan “Open House” pada Kamis, 13 Januari 2022 secara daring melalui Zoom Meeting. Acara ini merupakan acara perdana yang diselenggarakan oleh KUI SV UGM dengan tujuan memberikan informasi tentang program internasional on going kepada mahasiswa SV UGM secara interaktif serta mengakomodasi mahasiswa untuk saling bertukar informasi terkait program-program internasional dan pengalamannya mengikuti program-program internasional.

Pada gelaran perdana ini, KUI SV UGM mengambil tema: Virtual Exchange Program-Asia University dengan tagline “A Talk with the Alumni of Virtual Exchange Program-Asia University, Taiwan”. Acara ini menghadirkan 3 narasumber yaitu Marhippu Immanuel Hutagaol (Mahasiswa Departemen Teknik Mesin), Mutiara Aminah (Mahasiswa Departemen Bahasa, Seni, dan Manajemen Budaya), dan Zakia Mahbub Abdullah (Alumni Departemen Teknik Elektro dan Informatika). Ketiganya merupakan peserta program pertukaran pelajar daring di Asia University, Taiwan pada tahun 2020.

Acara OIA SV UGM “OPEN HOUSE”: Virtual Exchange Program-Asia University dimulai dengan pembukaan oleh Bapak Ghifari Yuristiadhi Masyhari Makhasi, S.S., M.A. dan dilanjutkan dengan pengarahan dari Dr. Endang Soelistiyowati, S.Pd., M.Pd. selaku Wakil Dekan Bidang Kerja Sama dan Alumni Sekolah Vokasi UGM. Kemudian, acara dilanjutkan dengan “Sharing Session” dari ketiga narasumber yang mencakup sharing pengalaman mengikuti Asia University Virtual Exchange Program-Fall Semester 2020, tata cara pendaftaran, tips memilih course yang sesuai, pengalaman transfer kredit, pengalaman mengikuti kelas dan berinteraksi dengan mahasiswa dari berbagai negara, pengalaman mengerjakan tugas, ujian, dan sistem penilaian sebagai mahasiswa exchange, serta cross cultural exposure yang mereka alami secara langsung. Acara ditutup dengan pengumuman informasi pendaftaran Asia University Virtual Exchange Program-Spring Semester 2022 dan pembagian doorprize bagi peserta.

Sebanyak 25 mahasiswa SV hadir sebagai peserta OIA SV UGM “OPEN HOUSE”. Para peserta terlihat antusias untuk mendengarkan sharing pengalaman dari ketiga narasumber serta pengumuman informasi pendaftaran program exchange virtual di Asia University, Taiwan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta yang bertanya dan berinteraksi dengan narasumber untuk menggali informasi yang lebih jauh terkait program internasional, khususnya student exchange di Asia University. Semoga semakin banyak mahasiswa SV UGM yang mengikuti program internasional sebagai bagian dari penerapan MBKM.

Penulis: OIA SV UGM

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*