Launching Program Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) di Kabupaten Kulon Progo

Sekolah Vokasi menyelenggarakan Launching Program Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) di Kabupaten Kulon Progo pada Rabu (12/07). Acara tersebut berlangsung di FRC SV UGM yang berlokasi di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (SV UGM) mempunyai komitmen dalam ikut menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat maupun industri serta berkontribusi dalam pembangunan bangsa.  Salah satu kegiatan nyata yang dilakukan untuk mendukung hal tersebut adalah kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh para dosen di lingkungan Sekolah Vokasi UGM. Kegiatan ini juga untuk mendukung tri dharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.  Berbagai upaya telah dan akan terus dilakukan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan para dosen Sekolah Vokasi. 

Launching Program Pengabdian kepada Masyarakat (PPM)
Launching Program Pengabdian kepada Masyarakat (PPM)

Terdapat 6 (enam) tema pada Program Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) di Kabupaten Kulon Progo oleh Sekolah Vokasi UGM yaitu: Agro Lingkungan, Kesehatan, Bangunan Sipil Kelistrikan, BumDes/UMKM, Pariwisata, dan Perpetaan. Program Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) di Kabupaten Kulon Progo oleh Sekolah Vokasi UGM akan berfokus pada 4 (empat) kapanewon yaitu: Kapanewon Pengasih, Kapanewon Sentolo, Kapanewon Kokap, dan Kapanewon Samigaluh. Kemudian tersebar pada 10 (sepuluh) kalurahan yaitu Kalurahan Sendangsari, Kalurahan Sidomulyo, Kalurahan Demangrejo, Kalurahan Kaliagung, Kalurahan Kalirejo, Kalurahan Hargotirto, Kalurahan Hargowilis, Kalurahan Purwoharjo, Kalurahan Kebonrejo, dan Kalurahan Banjarsari.

kepala BAPPEDA Kabupaten Kulon Progo
Ir. Muh. Aris Nugroho, M.M.A. kepala BAPPEDA Kabupaten Kulon Progo

Acara tersebut dihadiri oleh bapak Ir. Muh. Aris Nugroho, M.M.A. selaku kepala BAPPEDA Kabupaten Kulon Progo,  bapak Dr. Wiryanta, S.T., M.T. selaku Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, bapak Eko Prasetyo, S.Hut., M.Sc., Ph.D. selaku Kepala Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat,  bapak/ibu dosen Sekolah Vokasi UGM, OPD Kabupaten Kulon Progo, dan pihak-pihak terkait.

Dalam sambutannya, bapak Dr. Wiryanta, S.T., M.T. selaku Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat menyampaikan bahwa “Tahun ini merupakan tahun kedelapan Program Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) di Kabupaten Kulon Progo oleh Sekolah Vokasi UGM, maka dari itu kami berusaha sekuat tenaga memberikan kontribusi ke Pemerintah Provinsi DIY salah satunya di Kabupaten Kulon Progo. Harapannya dengan kegiatan pengabdian ini dapat meningkatkan tingkat kesejahteraan pada masyarakat Kabupaten Kulon Progo.”

Kemudian dilanjutkan sambutan dari bapak Ir. Muh. Aris Nugroho, M.M.A. selaku kepala BAPPEDA Kabupaten Kulon Progo. “Kami sangat senang dan berterima kasih atas Program Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) di Kabupaten Kulon Progo oleh Sekolah Vokasi UGM yang akan diselenggarakan pada tahun 2023, saya berharap dengan adanya kegiatan pengabdian ini dapat mempercepat dalam mengejar ketertinggalan Kabupaten Kulon Progo dengan daerah-daerah lainnya.” ucap beliau

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi yang dipandu oleh bapak Eko Prasetyo, S.Hut., M.Sc., Ph.D. selaku Kepala Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Setelah diskusi bersama, acara Launching Program Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) di Kabupaten Kulon Progo diakhiri dengan foto bersama.

Penulis: Kito

Editor: Humas SV UGM