DBSMB Sukses Gelar Gendhing Budaya 2023

Prodi D4 Bisnis Perjalanan Wisata Departemen Bahasa Seni dan Manajemen Budaya Sekolah Vokasi UGM sukses menggelar Gendhing Budaya 2023 pada hari Selasa (5/12) di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta. Gendhing Budaya menampilkan 6 tim pementasan, yaitu 2 tim karawitan, 1 tim karawitan panembromo, 1 tim karawitan tari, 1 tim tari kreasi, dan 1 tim drama tari, yang terdiri dari 141 mahasiswa dan 5 dosen. Total tiket yang terjual dalam acara ini adalah 596 tiket dengan rincian tamu undangan sebanyak 71 orang dan 525 penonton yang terdiri dari 113 kursi VIP dan 412 kursi NON VIP. Mayoritas penonton berasal dari Yogyakarta. Gendhing Budaya 2023 juga berhasil menarik 5 penonton VIP yang berasal dari Bontang, Kalimantan Timur.

Tujuan utama digelarnya Gendhing Budaya 2023 ini adalah sebagai bentuk pelaksanaan program kerja Divisi Kesenian Keluarga Mahasiswa Diploma Pariwisata (Kamadipa) dan sebagai bentuk ujian praktik Mata Kuliah Praktek Kesenian untuk mahasiswa/i Program Studi D4 Bisnis Perjalanan Wisata semester 3. Oleh karena itu, para penampil Gendhing Budaya adalah mahasiswa/i Prodi D4 Bisnis Perjalanan Wisata yang sedang menempuh semester 3. Di sisi lain, dengan banyaknya jumlah tim pementasan, acara ini juga berkolaborasi dengan berbagai pihak lain, seperti mahasiswa/i Prodi D4 Bisnis Perjalanan Wisata semester 1, Partagama, mahasiswa/i Prodi D4 Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi, para dosen Departemen Bahasa, Seni, dan Manajemen Budaya, Karawitan Kagama Sekar Gendhing, serta Unit Kegiatan Mahasiswa Unit Kesenian Jawa Gaya Surakarta (UKJGS) dan SWAGAYUGAMA.

Gendhing Budaya 2023 tahun telah terselenggara untuk ke-4 kalinya oleh Prodi D4 Bisnis Perjalanan Wisata, sejak dilaksanakan pada tahun 2018, 2019, 2022 dan 2023 lalu. Harapannya Gendhing Budaya dapat terus terlaksana setiap tahun dengan penampilan yang lebih memukau lagi dan melahirkan seniman-seniman hebat. Dari adanya Gendhing Budaya juga diharapkan dapat menjadi salah satu bentuk upaya untuk terus melestarikan budaya Indonesia.

Sampai jumpa di Gendhing Budaya 2024!

Salam Budaya!

Penulis: Fina Oktaviani (Humas Gendhing Budaya 2023)

Editor: Humas Sekolah Vokasi UGM

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*