Sekolah Vokasi UGM dan Alfamart Bina Desa Wisata Pring Ledok Tinjon

Ikon SDGs 8 Pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomiSekolah Vokasi UGM melaksanakan seremoni penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT. Sumber Alfaria Trijaya, TBK (Alfamart) di Desa Wisata Pring Ledok Tinjon, Jumat (23/02).  Memorandum of Understanding (MoU) ini bertujuan untuk menjalin kerja sama dalam bidang Pendidikan, Penelitian, Pengembangan Sumber Daya Manusia, dan Pengabdian Kepada Masyarakat. 

Penanaman bibit pohon di Desa Wisata Pring Ledok Tinjon
Penanaman bibit pohon di Desa Wisata Pring Ledok Tinjon

Acara penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dihadiri oleh Dr. Endang Soelistiyowati, M.P.d selaku Wakil Dekan Bidang Kerja Sama dan Alumni Sekolah Vokasi UGM dan perwakilan Dosen Tim Pengabdian Sekolah Vokasi UGM, yaitu Ghifari Yuristiadhi Masyhari Makhasi, S.S., M.A. selaku Dosen Program Studi Bisnis Perjalanan Wisata, Departemen Bahasa Seni Dan Manajemen Budaya (DBSMB) Sekolah Vokasi UGM, Ahdiar Fikri Maulana, S.Hut., M.Agr., Ph.D., dan Agus Ngadianto, S.Hut., M.Sc., Ph.D. selaku Dosen Program Studi Pengelolaan Hutan, Departemen Teknologi Hayati dan Veteriner (DTHV) Sekolah Vokasi UGM.

Turut hadir pula Rani Wijaya selaku GM Corporate Communication Alfamart dan Dra. Epiphana Kristiyani, MM. selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman.

GM Corporate Communication Alfamart, Rani Wijaya menyampaikan bahwa Kampung Alfamart Sahabat Bumi baru diinisiasi tahun lalu dan baru ada 5 kampung binaan di seluruh Indonesia. 

GM Corporate Communication Alfamart, Rani Wijaya
GM Corporate Communication Alfamart, Rani Wijaya

“Alfamart tentu tidak bisa bergerak sendiri untuk mengelola Desa Wisata Pring Ledok Tinjon maka Alfamart menggandeng Sekolah Vokasi UGM untuk berkolaborasi. Dengan adanya kekuatan praktisi dan akademisi yang dimiliki oleh Sekolah Vokasi UGM kami berharap kegiatan kedepan akan lebih optimal dan berkualitas sehingga tujuan kampung binaan yang mandiri dan swadaya dapat tercapai,” ujar GM Corporate Communication Alfamart.

Wakil Dekan Bidang Kerja Sama dan Alumni, Dr. Endang Soelistyowati, M.P.d turut menyampaikan sambutan pada acara penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) .

Wakil Dekan Bidang Kerja Sama dan Alumni, Dr. Endang Soelistiyowati, M.P.d
Wakil Dekan Bidang Kerja Sama dan Alumni, Dr. Endang Soelistiyowati, M.P.d

“Kolaborasi antara Sekolah Vokasi UGM, Alfamart, dan komunitas lokal ini bertujuan untuk mengembangkan desa wisata hijau di Pedukuhan Tinjon. Kita bisa mendukung upaya menyelamatkan lingkungan dan memberdayakan masyarakat setempat. Harapan kami dengan adanya kerja sama yang terjalin dapat menghasilkan dampak yang positif bagi pengembangan pariwisata berkelanjutan di Yogyakarta,” ujar Wakil Dekan Bidang Kerja Sama dan Alumni.

Agenda setelah penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dilanjutkan dengan penanaman bibit pohon dan penampilan gejog lesung oleh warga setempat. Acara diakhiri dengan sesi Talkshow yang disampaikan oleh Bapak Ghifari Yuristiadhi Masyhari Makhasi, S.S., M.A. selaku Dosen sekaligus tim Desa Binaan Pengabdian Sekolah Vokasi UGM.

Penulis : Gabriela Praharani

Editor : Humas SV UGM

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*