Sekolah Vokasi UGM Menjalin Kerja Sama dengan PT Spentera sebagai Upaya Mencapai Delapan IKU Perguruan Tinggi

Ikon SDGs 4 Pendidikan BermutuIkon SDGs 9 Infrastruktur, industri dan inovasiPada hari Rabu (5/6/24), Departemen Teknik Elektro dan Informatika (DTEDI) Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (SV UGM) dan  PT Spentera, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang cyber security, melaksanakan  penandatanganan nota kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) bertempat di Ruang HM201 Gedung Herman Yohanes Sekolah Vokasi UGM. Kerja sama yang dijalin mencakup keterlibatan mahasiswa selama program magang di PT Spentera.

Sekolah Vokasi UGM Menjalin Kerja Sama dengan PT Spentera sebagai Upaya Mencapai Delapan IKU Perguruan Tinggi
Sekolah Vokasi UGM Menjalin Kerja Sama dengan PT Spentera sebagai Upaya Mencapai Delapan IKU Perguruan Tinggi

Acara dibuka dengan sambutan dari Nur Rohman Rosyid, S.T., M.T., D.Eng. selaku Ketua Departemen Teknik Elektro dan Informatika SV UGM. Beliau menyampaikan terkait kemitraan yang dijalin DTEDI SV UGM dengan perusahaan tempat mahasiswa mengembangkan kompetensinya melalui berbagai skema, salah satunya magang.

Dekan Sekolah Vokasi UGM, Prof. Dr.-Ing. Ir. Agus Maryono, IPM., ASEAN Eng. juga turut hadir menyampaikan agenda bahasan terkait nota kesepahaman dan PKS ini sebagai salah satu upaya mencapai delapan Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi. “Sekolah Vokasi UGM ingin bermitra dengan dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja karena kita punya delapan IKU, yakni Indeks Kinerja Utama Perguruan Tinggi yang sangat vokasional.” ujar beliau dalam sambutannya.

Adapun IKU Perguruan Tinggi merupakan singkatan dari Indikator Kinerja Utama yang digunakan untuk menilai performa perguruan tinggi di Indonesia, mempengaruhi klasifikasi, dukungan sumber daya, dan anggaran yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Sistem pengukuran ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas serta daya saing perguruan tinggi, serta memastikan pencapaian tujuan pendidikan nasional. Terdapat delapan IKU Perguruan Tinggi, yaitu Lulusan Mendapat Pekerjaan yang Layak, Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus, Dosen Berkegiatan di Luar Kampus, Praktisi Mengajar di Dalam Kampus, Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat, Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia, Kelas yang Kolaboratif dan Partisipatif, dan Program Studi Berstandar Internasional.

Perwakilan PT Spentera, Royke Lumban Tobing selaku Direktur, juga menyampaikan sambutan sebelum menandatangani nota kesepahaman dan PKS. Sebagai perusahaan cyber security dengan berbagai klien mulai dari pihak swasta hingga pemerintah, PT Spentera berkomitmen untuk membuka peluang seluas-luasnya terkait kerja sama dengan SV UGM. Beliau menyampaikan rencana internal PT Spentera, “Kami sedang menggodok di internal perusahaan kami, kesempatan mahasiswa UGM untuk bisa bekerja secara profesional dalam konteks magang. Nanti kami bimbing dan libatkan langsung pada proyek.” tegasnya. Selain itu, beliau juga memaparkan alasannya terkait membuka peluang magang bagi mahasiswa. Menurutnya, PT Spentera memutuskan untuk datang ke kampus karena kemampuan teknis bisa dibantu, tetapi kemampuan nalar yang dibangun secara akademis di kampus tidak bisa dibentuk dalam waktu yang cepat.

Penulis: Nadiva Rizkita Agustina

Editor: Humas SV UGM

SDGs: 4, 9, 17

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*