Kuliah Umum Strategi Pengembangan TILC FRC sebagai Lokomotif Kemajuan SV UGM & Indonesia

(Yogyakarta, 2 Oktober 2021) Telah diadakan kuliah umum yang membahas tentang strategi Teaching Industry Learning Center (TILC) dan Field Research Center (FRC) sebagai Lokomotif Kemajuan SV UGM dan Indonesia. Pada kesempatan tersebut, kuliah umum dilaksanakan di gedung TILC SV UGM dan dihadiri oleh beberapa tamu undangan yakni Bapak Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D., yang merupakan Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Vokasi (DIKSI) sekaligus menjadi narasumber, kemudian dihadiri juga oleh Pimpinan Senat, Dekan SV UGM, Bapak Dr.-Ing. Ir. Agus Maryono, beserta jajarannya, Direktur Project Implementation Unit (PIU) UGM, Ketua Departemen, Koordinator Center of Excellence, dan tamu undangan lainnya (secara daring).

Gedung TILC (Kiri) & FRC (Kanan)

Pada acara kuliah umum tersebut, Bapak Wikan memberikan sambutannya dan beliau bersyukur lantaran gedung yang ia desain bersama dengan tim lainnya telah rampung digarap. Beliau juga mengungkapkan bahwa gedung sebesar TILC dengan kelengkapan alat yang cukup banyak bukan sebuah tujuan melainkan alat untuk membangun Indonesia khususnya SV UGM sesuai dengan filosofi kementerian pendidikan, riset dan budaya di Indonesia yakni filosofinya bukan alat melainkan manusianya. Filosofi yang memerdekakan anak-anak bangsa untuk belajar sesuai dengan passion mereka. 

Pemaparan Kuliah Umum oleh Dirjen DIKSI

Integritas pendidikan vokasi dan dunia kerja dilaksanakan melalui Link and Match 8+i yakni kurikulum disusun bersama termasuk penguatan aspek soft skill dan karakter keberkerjaan untuk melengkapi aspek hard skills yang sesuai dengan kebutuhan, kemudian pembelajaran berbasis project riil dari dunia kerja (PBL), lalu jumlah dan peran guru/dosen/instruktur dari industri dan ahli dari dunia kerja, magang atau praktik kerja, sertifikasi kompetensi,  terdapat dosen / guru / instruktur secara rutin mendapatkan update teknologi dan penelitian dari dunia kerja, riset terapan mendukung teaching factory/teaching industry yang bermula dari kasus atau kebutuhan nyata di industri/masyarakat, dan yang terakhir yakni komitmen serapan lulusan oleh dunia kerja. 

Pada acara tersebut pula Bapak Ir. Hotma Prawoto Sulistyadi, M.T., IP-Md., selaku direktur PIU UGM juga memberikan sedikit motivasi yang selalu diterapkan oleh beliau untuk mengelola hidup, beliau mengatakan bahwa sukses itu pilihan dan kalau gagal itu pasti. Jika orang hanya diam saja tanpa melakukan usaha apapun pasti akan gagal, dan sukses itu pilihan yang kita rancang dalam hidup ini. Beliau juga memberikan pesan kepada para dosen untuk jangan terjebak dengan rutinitas, formalitas, dan harus produktif serta bersinergitas, inovatif dan kreatif dalam berkarya.

Setelah kegiatan kuliah umum selesai, Tim Mobil Listrik Yacaranda, Departemen Teknik Mesin SV UGM menunjukan hasil karyanya yaitu mobil listrik dan mobil berbahan bakar etanol ke Dirjen DIKSI yang mana hasil karya tersebut sangat diapresiasi dan harapannya karya-karya generasi semacam ini terus berkembang dan berkelanjutan untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Penulis: Eilien Dwi K

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*